PLAZA SRIWEDARI SOLO AKAN DIPENUHI MODEL CANTIK PERAGA WASTRA NUSANTARA

Acara Wastra Nusantara Fashion Akan Digelar Di Plaza Sriwedari Solo (15/05/2024)

SOLO – Sekitar 300 orang lebih akan memakai busana Wastra Nusantara secara bersama-sama. Sesuai rencana, mereka akan menggelar aksi tersebut di komplek Plaza Taman Sriwedari Solo pada hari Rabu mendatang (15/05/2024). Tak lupa model-model cantik serta para desainer muda juga ikut menyalakan acara tersebut. Seperti apa konsepnya?

Untuk pertama kalinya, kota Solo dengan bangga mempersembahkan event dengan Tema Wastra Nusantara Fashion. Wastra Nusantara sendiri adalah istilah untuk menyebut berbagai jenis kain tradisional yang dihasilkan di seluruh wilayah Indonesia. Yang dianggap populer adalah kain batik, kain ikat, kain songket, serta kain tenun.

Ratusan Model Cantik Akan Menghangatkan Event Wastra Nusantara Fashion

“Selain baru pertama kali ini diadakan di Solo, dalam acara nanti akan kita hadirkan para perancang atau desainer-desainer yang sudah kondang namanya di dunia Wastra Nusantara,” ungkap Heru Prasetyo, selaku koordinator program event tersebut dalam sesi Jumpa Pers dengan awak media pada Senin pagi (13/05/2024) di Plaza Sriwedari.

Dalam sesi Jumpa Pers tersebut juga turut diundang beberapa stake holder terkait di kota Solo. Seperti Aryo Widiandoko mewakili dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Surakarta. Serta beberapa tamu undangan lain.

Suasana Jumpa Pers WNF di Plaza Sriwedari

Terungkap bahwa Wastra Nusantara memang memiliki keunikan yang benar-benar menjadi kekayaan budaya dari bangsa Indonesia. Terutama pada proses pembuatannya yang tidak dibuat dengan mesin. Melainkan dibuat secara manual atau handmade dengan bahan-bahan yang juga alami.

“Sejak dulu Wastra telah memberi peran kebudayaan, terutama dalam simbol kelahiran, kehidupan, serta kematian manusia,” papar Heru dalam narasi singkatnya.

Sehingga dianggap mempunyai nilai kemuliaan dalam kehidupan manusia. Dibalik kain wastra menyimpan kehidupan tradisi masyarakat dan adat-istiadat. Sekaligus menjadi interaksi antara manusia dengan alam dan lingkungannya.

Penampakan Heru dan Aryo Saat Sesi Jumpa Pers WNF di Plaza Sriwedari

Jadi saat memakai wastra tidak semata-mata hanya berfungsi sebagai penutup tubuh. Melainkan tubuh kita juga merasakan proses kreatif, makna, dan daya hidup ketelatenan dari tangan-tangan perajin wastra. Merekalah yang berjasa melestarikan kain tradisional Indonesia seperti batik, tenun, songket, ulos, sasirangan, lurik, dan lain-lain.

“Itulah mengapa wastra bermakna lebih dari sekedar kain yang akan kita tonjolkan dalam event Wastra Nusantara Fashion nanti,” lanjutnya lagi.

Wastra Nusantara Fashion (WNF) yang akan digelar di Taman Sriwedari pada tanggal 15 Mei 2024 nanti, merupakan momentum bergerak bersama rakyat. Khususnya kaum muda untuk mempromosikan wastra dalam spirit pelestarian warisan budaya lokal wastra Nusantara. Sekaligus meneguhkan wastra sebagai identitas keIndonesiaan.

Doa Dan Potong Tumpeng Agar Acara WNF Berjalan Lancar

Beragam motif dan jenis wastra akan ditampilkan dalam WNF Fashion Show. Semuanya akan diambil dari 22 fashion designer, 22 young designer, 9 Community, dan pasar festival. Juga akan dimeriahkan oleh bintang tamu Dian Oerip, Nrham (Italia), dan Essy Masita.

Acara dipastikan bakal seru banget. Hal ini karena dalam waktu yang sama juga digelar acara HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional di Kota Solo. Acara tersebut akan menampilkan pawai mobil hias dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dari 38 provinsi se-Indonesia.

Tujuan dari penyelenggaraan WNF sendiri adalah untuk menumbuhkan spirit UMKM-UMKN yang bergerak di bidang produksi Wastra. Diharap mereka semakin kreatif dalam inovasi-inovasi penempatan wastra sebagai produk yang berkelanjutan.

Para Awak Media dalam Jumpa Pers WNF

“Selain itu, sekaligus untuk menyikapi potensi wastra sebagai produk Glokal (Global Lokal). Atau dengan kata lain melakukan kreativitas dan menggali potensi lokal menuju produk berkarakter global,” tandas Heru lagi.

Hal lain yang tak kalah penting adalah dengan melibatkan kaum muda pada ajang WNF 2024, bisa menjadi langkah nyata dalam pelestarian wastra. Sebab wastra lebih dari kain.

Dan mempunyai banyak nilai kehidupan yang sangat bermanfaat bagi kaum muda Indonesia. Karena juga sarat dengan pengetahuan tradisi pembuatan wastra sebagai warisan budaya yang berkelanjutan. Ayo gabung bersama menyaksikan WNF 2024!. (Med)

Sumber : WWW.MAJALAHKISAHNYATA.COM

JOKOWI MUDIK KE SOLO : Beri Ucapan Selamat Kepada Presiden Joe Biden..(Aksi Nyeleneh Republik Aeng-Aeng Solo)

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Solo- Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden (78), akhirnya dilantik pada tanggal 20 BACA LEBIH LANJUT.......

RAYAKAN KEMENANGAN… Presiden Joe Biden dan Wapres Kamala Harris Naik Becak Keliling Solo…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Solo- Sontak warga Solo, Jateng, dibuat kaget pada hari Minggu siang kemarin (08/11/2020). Pasalnya BACA LEBIH LANJUT.......

RESMIKAN USAHA BARU MON KOPI OMMAYA GROUP BAGIKAN RATUSAN PAKET BINGKISAN LEBARAN

SUKOHARJO – Ratusan paket sembako dan bingkisan lebaran dibagikan kepada warga pada hari Jumat Sore BACA LEBIH LANJUT.......

PULUHAN PEMUDA DI KLATEN RELA DISALIB UNTUK TEBUS DOSA (AKSI TEATRIKAL PROSESI JALAN SALIB DI GUNUNG WIJIL)

KLATEN ; Beberapa pemuda terlihat kesakitan berlumuran darah, saat tubuh mereka disalib di sebuah bukit BACA LEBIH LANJUT.......

BERSIHKAN DESA DARI ROH JAHAT KELELAWAR RAKSASA DIBAKAR WARGA DALAM RITUAL OGOH-OGOH

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Boyolali- Sebuah gunungan hasil bumi menjadi rebutan, setelah sepasang ogoh-ogoh seram dibakar oleh warga. BACA LEBIH LANJUT.......

DIDUGA JADI SARANG MBAK KUNTI… KODIM 0726/SUKOHARJO GANDENG WARGA BERSIHKAN KALI KRIWEN…

SUKOHARJO : Kodim 0726/Sukoharjo kembali melaksanakan karya bakti. Kali ini para anggota TNI bersama dengan BACA LEBIH LANJUT.......

About admin 390 Articles
Mapag Pedhut

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*