PULUHAN PEMUDA DI KLATEN RELA DISALIB UNTUK TEBUS DOSA (AKSI TEATRIKAL PROSESI JALAN SALIB DI GUNUNG WIJIL)

Detik Detik Saat Yesus Disalib

KLATEN ; Beberapa pemuda terlihat kesakitan berlumuran darah, saat tubuh mereka disalib di sebuah bukit sakral. Tak hanya itu jeritan histeris dan pilu juga mengiringi aksi teatrikal jalan salib tersebut. Aksi tersebut dilakukan oleh umat Kristiani dari Gereja Kristen Jaya (GLJ) Karangdowo, Pepanthan, Karangtalun, Klaten. Seperti apa aksinya?

Ratusan umat Kristiani dari Gereja Kristen Jawa (GKJ) Karangdowo Pepanthan Karangtalun, dengan khidmat melaksanakan ibadah Jumat Agung. Ibadah tersebut masih dalam rangkaian acara perayaan Hari Raya Paskah di Bukit Gunung Wijil Desa Kupang, pada Jumat (29/03/2024) pagi.

Sebagian jemaat hadir mengenakan pakaian warna hitam gelap, dengan atasan juga bawahan. Walau beberapa ada jemaat  yang mengenakan seragam warna lain.

Dimulai Dengan Doa Kecil Sebelum Memulai Ibdah Jumat AGung

Peribadatan  tersebut dimulai sekitar pukul 08..00 dengan persiapan dan diawali dengan doa bersama-sama para pengerja gereja seperti Pendeta, Majelis Gereja, serta pelayan jemaat.

Konsep ibadah di luar gereja seperti beberapa tahun sebelumnya ini  dipilih untuk memberikan suasana segar. Namun tetap khusyuk dengan nuansa mirip daerah perbukitan dan menyatu dengan alam.

Hal tersebut mungkin bisa mengingatkan kita halnya  saat Tuhan Yesus dan para muridnya manakala melaksanakan kegiatan (doa), yang dilakukan seperti di sebuah taman seperti Taman Getsemani dan tanah lapang.

PDT RADITYA WISNU PRATAMA Menyampaikan Layanan Firman Tuhan

Dalam rangkaian ibadah Jumat Agung ini  ditampilkan fragmen drama penyaliban Yesus ( prosesi jalan salib). Yaitu oleh anggota Komisi Pemuda Remaja GKJ Karangdowo. Jemaat larut dalam suasana haru, sedih dan meneteskan air mata saat fragmen  penyaliban Yesus diperagakan.

Dari prosesi  memanggul kayu salib hingga penyaliban Yesus mata jemaat tertuju pada saat Yesus mengerang kesakitan saat dicambuk, bermahkota duri dan dipaku dikayu salib itu.

Drama penyaliban Tuhan Yesus imenggambarkan bahwa, Ia (Yesus) rela mati dan disalibkan di Bukit Golgota untuk menebus dosa umat manusia dan pengikutnya.

Salah seorang Majelis di GKJ Karangdowo, Bu Windarti  menuturkan bahwa drama  tersebut sengaja ditampilkan di hadapan para jemaat untuk lebih mengilhami betapa sengsaranya Yesus dalam penderitaan ketika itu.

Semua Jemaat Terkesima Melihat Aksi Teatrikal Prosesi Jalan Salib

Pada kesempatan ini Pdt. Raditya Wisnu Pratama S.Si, MM menyampaikan pelayanan Firman Tuhan dengan Judul ” Menderita? Siapa Takut !”,  diambil dari Injil Yohanes 18: 28 & 19:37 yang dilanjutkan dengan memimpin acara Perjamuan Kudus.

Pdt Raditya menjelaskan bahwa di Jumat Agung ini kita menghayati Penderitaan Tuhan dan mengambil tauladan-Nya dengan tema ” Menderita, Siapa Takut!”

“Melalui perayaan Jumat Agung ini, ada prosesi penyaliban Tuhan Yesus yang memberikan teladan kepada kita. Bahwa cara hidup keluar dari pakem / Out Of The Box yang nyata.  Untuk menghadirkan suka cita dalam penderitaan yang memang hal ini tidak mudah kita lakukan” jelas Pdt Raditya Wisnu.

Pdt Raditya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Kupang dan warga  yang telah membantu acara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. (Danang).

 

SUMBER : WWW.MAJALAHKISAHNYATA.COM

SEMBUHKAN SESAMA TANPA EFEK SAMPING JADI PRIORITAS UTAMA MISI SOSIAL PADEPOKAN IPN

SOLO – Puluhan warga rela mengantri untuk menuntaskan masalah hidupnya. Terutama masalah yang berkaitan dengan BACA LEBIH LANJUT.......

SAMPAH PLASTIK DAPAT MENJADI BOM WAKTU… JIKA TIDAK DIKELOLA DARI SEKARANG..

SOLO ; Setiap hari Jumat di akhir bulan, komunitas ini sangat antusias menyasar ke sekolah-sekolah. BACA LEBIH LANJUT.......

BERSIHKAN DESA DARI ROH JAHAT KELELAWAR RAKSASA DIBAKAR WARGA DALAM RITUAL OGOH-OGOH

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Boyolali- Sebuah gunungan hasil bumi menjadi rebutan, setelah sepasang ogoh-ogoh seram dibakar oleh warga. BACA LEBIH LANJUT.......

INILAH PESAN PENTING DARI KADES DALAM ACARA BERSIH DESA-SADRANAN.. WARGA DESA BOTO WAJIB TAHU…

KLATEN : Panggung wayang kulit menyedot perhatian warga pada hari Kamis Pon kemarin (07/03/2024). Tepatnya BACA LEBIH LANJUT.......

HADIRI DEKLARASI RELAWAN ANAK BANGSA DI KLATEN.. INILAH PESAN MENOHOK DARI KETUM RAB PUSAT AGUS WINARNO TERKAIT KNALPOT BRONK

KLATEN : Ribuan simpatisan Prabowo- Gibran, mengikutl acara Deklarasi dan Konsolidasi Relawan Anak Bangsa (RAB) BACA LEBIH LANJUT.......

MISTERI KAMAR NOMOR 13 DI HOTEL CAKRA YANG TIDAK BOLEH DIBUKA…ADA APA ?

SOLO : Sebuah hotel angker dikenal dengan nama hotel Cakra di wilayah Kelurahan Kemlayan, Kecamatan BACA LEBIH LANJUT.......

About admin 390 Articles
Mapag Pedhut

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*