Begini Aksi Tim PPM Unesa Saat Beri Pendampingan.. Penulisan Laporan Karya Tulis Ilmiah Guru Bahasa Jawa…

Aksi Tim PPM UNESA Saat Berikan Pendampingan Pelatihan Menulis ARtikel

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Surabaya– Penulisan karya ilmiah merupakan kegiatan yang sangat penting bagi seorang guru yang professional serta kompeten pada bidangnya.

Kegiatan ini tidak saja perlu dilakukan dalam rangka memperolah angka kredit untuk kenaikan jabatan, atau untuk keperluan akreditasi. Tetapi yang lebih besar adalah untuk peningkatan profesionalisme guru.

Mengenai upaya untuk mendorong guru-guru melakukan penulisan karya ilmiah sebenarnya telah dilakukan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Yaitu dengan mengeluarkan Permenneg PANRB No. 16 Tahun 2009 tanggal 10 November silam.

Sayangnya hingga sekarang masih terdapat beberapa guru yang sudah memiliki jabatan, tetapi masih kurang memiliki kemampuan untuk menulis artikel ilmiah.

Kemampuan Menulis Merupakan Skill Wajib Bagi Guru

Dari hasil pengamatan dan wawancara kepada guru Bahasa Jawa SMP Kota Batu, diketahui sejumlah penyebab rendahnya kemampuan guru dalam membuat karya ilmiah penyebabnya banyak sekali.

Beberapa diantaranya adalah kurangnya pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru dalam menulis karya ilmiah, Juga terbatasnya sarana bacaan ilmiah. Terutama yang berupa majalah ilmiah atau jurnal dan masih banyak penyebab lainnya.

Oleh karena itu, tim PPM dari Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Unesa merasa perlu untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan guru dalam melakukan Penulisan Karya Ilmiah dengan memberikan sejumlah solusi.

Mengenai solusi yang diberikan, antara lain seperti memberikan kegiatan diskusi antara tim dengan guru maupun antar sesama guru. Tujuannya untuk menggali informasi tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam mengembangkan karya ilmiah di sekolah.

Suasana Pendampingan Penulisan Artikel Oleh TM PPM UNESA

Selain itu tim PPM yang diisi oleh dosen-dosen dari Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Unesa. Seperti Latif Nur Hasan, Octo Dendy Andriyanto, dan Prima Vidya Asteria, juga memberikan materi dengan metode ceramah tentang karya ilmiah secara keseluruhan.

Tak hanya sampai di sini tim PPM juga memberikan pendampingan kepada guru, dalam menyusun teknis pengembangan karya ilmiah sesuai dengan situasi dan kondisi di sekolah.

Pelaksanaan pendampingan dari tim PPM ini diwujudkan dalam sebuah acara yang berjudul “Peningkatan Produktivatas Menulis Guru Bahasa Jawa SMP Kota Batu melalui Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah” yang diikuti oleh Guru Bahasa Jawa SMP Kota Batu.

Acara pendampingan penulisan ini digelar tiga kali yakni pada tanggal 22 Juli 2022 bertempat di SMPN 4 Batu, 5 Agustus 2022 dan 12 Agustus 2022. Dan dilangsungkan secara daring. Terlihat acara ini berlangsung dengan lancar dan menarik. Banyak materi yang diberikan tim PPM kepada para Guru Bahasa Jawa SMP Kota Batu.

TIM PPM UNESA Berikan Pendampingan Menulis Artikel Untuk Guru SMP

Adapun materi yang diberikan tim PPM kepada para peserta antara lain teori kepenulisan yang disampaikan Octo Dendy Andriyanto, bedah artikel yang disampaikan Latif Nur Hasan, dan plagiasi dalam penulisan artikel yang disampaikan Prima Vidya Asteria. Di samping itu para peserta juga diberikan pendampingan dan waktu untuk konsultasi saat ditugasi membuat artikel ilmiah.

Interaksi yang terjadi antara tim PPM dan para peserta selama acara diselenggarakan, merupakan bukti bahwa peserta sangat antusias dengan tergelarnya acara ini.

Di sisi lain adanya pendampingan yang dilakukan tim PPM ini mendapat tanggapan yang baik dari para peserta.

“Melalui adanya pendampingan ini memunculkan pemahaman baru dan memancing munculnya ide-ide baru untuk menuliskan sebuah karya ilmiah,” kata Rendra yang merupakan salah satu peserta dalam acara tersebut.

Adanya sambutan baik dari peserta ini memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Latif Nur Hasan selaku ketua tim PPM Unesa.

“Saya sangat senang bahwa apa yang saya dan tim lakukan dapat memberikan manfaat kepada para guru yang ikut serta dalam pelatihan ini. Semoga setelah acara ini para guru mampu melahirkan karya ilmiah yang tak hanya bagus secara isi, tetapi juga memberikan manfaat bagi banyak pihak,” pungkasnya.. (Zuly)

Sumber : www.majalahkisahnyata.com

Dapat Wangsit Gaib… PGN Sukoharjo Resik-Resik Cagar Budaya Pesanggrahan Langenharjo…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Solo-Raya-  Kondisi Pesanggrahan Langenharjo, Peninggalan Raja Paku Buwono IX memang sangat memprihatinkan. Hal tersebut BACA LEBIH LANJUT.......

Puluhan Hadiah Anti Zonk… Manjakan Pelanggan Hyundai Solo Baru di Akhir Tahun…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, SOLOBARU- Sekitar 30 lebih hadiah cabutan sengaja digantung di pohon Terang Hyundai Solo Baru BACA LEBIH LANJUT.......

Jelang Akhir Tahun LSM LAPAAN RI Kembali Berbagi Kebahagiaan Merajut Kebhinekaan dan Peduli Sesama Anak Bangsa…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Solo-Raya- Ribuan paket santunan berupa sembako, snack, uang tunai, serta uang saku dibagikan kepada BACA LEBIH LANJUT.......

Begini Suasana SAKRAL di Desa Sidoharjo Saat Keris SAKTI SENGKELAT Bertukar Posisi Dengan Wayang Keramat KRESNA

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Klaten- Iringan gending mistis mengalun pelan, mengiringi sebuah upacara sakral. Yaitu serah terima suvenir BACA LEBIH LANJUT.......

Inilah Poin Penting Hasil MuBES TFC…Pemilik Mobil Hyundai Trajet Wajib Tahu…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Colomadu- Puluhan mobil Hyundai lama jenis Trajet, mendadak memenuhi halaman Taman De Tjolomadoe di BACA LEBIH LANJUT.......

Inilah Alasan Mengapa Anda Wajib Mencoba Ayam & Bebek Ungkep Romantis Jika Lewat Jalur Kebakkramat…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Karanganyar- Disajikan dalam wujud utuh, warna dan tekstur dagingnya memang sangat menggoda. Apalagi saat BACA LEBIH LANJUT.......

About admin 335 Articles
Mapag Pedhut

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*