Misteri Bambu SAMBUNG ROGO COMBONG – KURUNG DAMAR MURUB PITU Dari Kampung Trah Kalang- Kisah Perburuan Bambu Bertuah (Ngaji Deling III)

Bambu SAMBUNG ROGO COMBONG-KURUNG DAMAR MURUB PITUuuu

MAJALAHKISAHNYATA.COM, SukoharjoSambung Rogo Combong- Kurung Damar Murub Pitu, adalah kata dan makna paling singkat untuk ditulis dalam edisi kali ini. Sebuah perjalanan dan proses, dari akulturasi budaya dalam menangkap energi, dan pemaknaan ilmu hakikat kehidupan dan wasilah bambu.

Sambung rogo combong-kurung damar murub pitu, adalah pesan perbaikan raga/tubuh untuk menuju kemantaban diri. Tentu juga dengan pengendalian kekuatan, yang disimbolkan dengan damar kurung. Pitu itu sendiri, bermakna selalu mendapat kemudahan, dan dimudahkan dalam segala langkah dan tujuan.

Tak berlebihan kiranya, makna itu saya tulis sesuai mantiq, dan kunci-kunci ngaji deling serta akulturasi. Sedikit saya ceritakan asal-muasal bambu itu.

Bambu SAMBUNG ROGO COMBONG – KURUNG DAMAR MURUB PITU

Beberapa waktu yang lalu, bambu itu saya ambil dari rumpunnya. Yaitu di sebuah perkampungan suku Trah Kalang. Ya, sejarahnya cukup unik atau eksentrik. Beberapa puluh, dan mungkin ratusan tahun yang lalu, kampung itu dihuni ratusan orang dari komunitas trah kalang. Dan saat ini hanya tak lebih dari 24 orang yang tinggal di sana.

“Ada yang merantau, ada yang meninggal. Ada yang datang dan ada yang pergi.”

Bambu SAMBUNG ROGO COMBONG – KURUNG DAMAR MURUB PITUu

Kesunyian kampungnya trah kalang, siang itu terjawab di tulisan Kulturasi Spirit dan Budaya ini.

Ya, tepat di separuh kampung itu, terpagar rumpun bambu. Yaitu di sebelah barat, selatan, hingga membujur ke timur. Ada dua bambu pakem yang saya potong. Lalu saya koleksi dari kampung itu, berdasarkan petunjuk ngaji deling kali ini.

Tak lupa juga saya sampaikan dalam tulisan saya ini. Sebuah langkah menjaga keseimbangan. Yaitu selalu menjaga Apinya (semangat-sejarah) di kampung trah kalang ini. Tepatnya akulturasi spirit dan budaya di kampung trah kalang tersebut.

Kiranya dengan dipotongnya bambu Sambung Rogo combong- Kurung Damar Murub Pitu ini, menjadi penanda. Bahwa doa-doa saya, dan tim ngaji deling dipanjatkan untuk sebuah tujuan kebaikan. Yaitu lestarinya sebuah komunitas kampung kalang. Dan harmoninya, berdampak majunya kampung dengan rahmat sang Pencipta.

Bambu Sambung Rogo Combong- Kurung Damar Murub Pitu

Semoga tulisan saya ini, menjadi spirit bagi anak bangsa yang mengerti. Menjadi akulturasi spirit dan budaya, yang menjunjung tinggi, pesan moral moyang dan leluhurnya dalam makna perbaikan.

“Pesan moral yang singkat dalam akulturasi, yang menjadi semangat yang hidup dan menghidupi.”

Sang pencipta selalu ada dalam jiwa yang terkendali.

Aamiin ya robbal Alamin.

By cahyo. (Cahyo/Stringer)

Sumber: www.majalahkisahnyata.com

INILAH RAHASIA BAMBU KENDIT NIRMALA JATI YANG DIJAGA 5 ULAR GADUNG LUWUK – Kisah Perburuan Bambu Bertuah (Ngaji Deling II)

Selesai berdoa, kuamati rumpun sebelah barat. Dan kutemukan satu batang miring kecil, seukuran jempol kaki. BACA LEBIH LANJUT.......

MISTERI BUMI ARUM MAJASTO… Aroma Wangi dari Liang Kubur 0,5 Meter

MAJALAHKISAHNYATA.COM, SUKOHARJO: Di sebuah bukit di Pegunungan Kendeng Kidul, Desa Majasto, Tawangsari, Sukoharjo, Jateng, terdapat BACA LEBIH LANJUT.......

SABETAN SEKSI… Dalang Cewek Wayang Kulit…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Sukoharjo: Secara umum, seni pertunjukan wayang kulit selama ini didominasi kaum lelaki, terutama pada BACA LEBIH LANJUT.......

Pengrajin Topeng Klasik dari Desa Jatisobo

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Sukoharjo:  Di wilayah eks-karesidenan Surakarta atau yang kini akrab disebut Solo Raya terdapat seorang BACA LEBIH LANJUT.......

#Ning Omah Wae, Himbauan Resmi Pemerintah Desa Kertonatan

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Sukoharjo- Sejak dua minggu ini, desa Kertonatan, Kartasura, Sukoharjo, Jateng terlihat relatif lengang. Aktivitas BACA LEBIH LANJUT.......

About admin 383 Articles
Mapag Pedhut

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*