KISAH LUKISAN MAHA PATIH GAJAHMADA DENGAN BUNG KARNO YANG SANGAT FENOMENAL : Mendapat Ribuan Like Di Jagad Medsos…

PELUKIS ASAL KLATEN-WARTO SUKOCO DENGAN KARYA ISTIMEWANYA
PELUKIS ASAL KLATEN-WARTO SUKOCO DENGAN KARYA ISTIMEWANYA

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Klaten– Seringkali ide atau gagasan cemerlang, berasal dari sebuah wangsit, atau petunjuk dari Atas. Seperti kisah seorang seniman asal Klaten, Jateng berikut ini. Berawal dari hobinya berkelana ke tempat bersejarah dan tempat sakral, ia mengaku sering mendapat ide untuk melukis. Nah tema lukisannya tersebut, adalah sesuatu yang kerap menjadi mahakarya yang menggemparkan. Seperti apa kisahnya?

Warto Sukoco (56), atau yang akrab dipanggil Mas Koco memang seniman tulen. Lahir di Dk. Mranggen Ds. Karangwungu, RT 05/03, Karangdowo, Klaten, Jateng. Dengan bakat seninya, ia berhasil menyelesaikan studi di kampus Seni Rupa Yogyakarta pada Tahun 1987. Kini meskipun di masa pandemi, ia tetap aktif berkarya. Bahkan beberapa lukisannya menjadi viral, akibat dipoles dengan sentuhan proses kreatif yang unik.

LUKISAN BERJUDUL “TENTANG NUSANTARA

“Memang saya akui, hampir semua ide atau gagasan dari sekian karya saya, sangat dipengaruhi oleh hobi saya yang suka tirakat dan wisata sejarah,” cerita mas Koco yang juga berprofesi sebagai desainer grafis ini, saat ditemui Kisah Nyata di rumahnya baru-baru ini.

Salah satu hasil karyanya adalah sebuah lukisan kanvas berukuran 1,5 meter. Lukisan tersebut bergambar sosok Proklamator Sukarno, bersama sosok Patih Gajah Mada. Sosok Sukarno mewakili era modern di jaman NKRI. Sementara sosok Patih Gajah Mada mewakili jaman kejayaan di era kerajaan Majapahit dulu.

Dalam lukisan tersebut, kedua sosok ini digambarkan seperti tengah berunding, atau sedang membicarakan sebuah rencana atau strategi. Diantara keduanya, tampak sebuah globe atau bola dunia. Jika diapresiasi dengan tafsir bebas, mungkin saja mereka berdua tengah menyusun strategi untuk kejayaan Nusantara. Atau agar bangsa Nusantara (Indonesia) semakin tersohor dan disegani di dunia.

KENANGAN MAS KOCO DAN ISTRI BERSAMA PELUKIS KONDANG JOKO PEKIK

“Namun namanya saja sebuah seni. Jadi semua apresiasi. Baik berwujud kritik, tafsir, ataupun kekaguman, bebas terserah kepada semua penikmat seni itu sendiri,” papar Mas Koco didampingi istri tercintanya, Endang Rustami.

Yang menarik, ada beberapa bagian gambar lukisan tersebut juga menimbulkan makna, atau tafsir seni. Misalnya latar belakang kedua sosok besar nusantara tersebut. Nun jauh di kejauhan belakang bangunan yang dipakai sebagai ruangan berunding, tampak gapura kebesaran Majapahit. Sementara di samping gapura Majapahit tampak istana kepresidenan RI modern.

Bagi pecinta kejayaan atau kebangkitan di era kebesaran Majapahit silam, tentu akan bergairah melihat keseluruhan makna dalam lukisan tersebut. Gapura Majapahit dikenal, merupakan simbol sebuah peradaban besar di masa lampau. Peradaban Nusantara yang sangat dikenal, dan disegani oleh semua penguasa dan wilayah di seluruh dunia kala itu.

LUKISAN BERJUDUL “TOKOH LIMA BENUA”

Sampai saat ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang merindukan kebangkitan serta kejayaan seperti masa Majapahit silam. Bahkan banyak yayasan yang bernama, atau dengan embel-embel nama Majapahit bermunculan. Baik yayasan yang didirikan oleh keturunan atau trah Majapahit asli, maupun oleh masyarakat umum pecinta Majapahit.

Dalam lukisan tersebut juga tergambar beberapa lembar helai kertas di atas meja. Juga beserta sebuah pulpen. Makna atau tafsir yang tersirat memang bermacam-macam. Namun secara umum, bisa dimaknai sebuah perjanjian. Atau kalau sekarang semacam MOU (Memory Of Understanding), antara kedua tokoh tersebut.

MAS KOCO TETAP AKTIF BERKARYA DI MASA PANDEMI

Secara mistis spiritual bisa juga dimaknai sebuah perjanjian sakral. Yaitu antara leluhur Nusantara dengan pemimpin-pemimpin Republik Indonesia di masa modern sekarang. Dinamika politik, budaya, ekonomi, bahkan religi, sekarang ini memang seperti menyiratkan fenomena di atas.

KISAH BATU METEORID JATUH DI KLATEN… Mitos Jaran Toleh Megantoro Pendamping Mistis Kyai Brojo Anila

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Klaten- Sebuah batu aneh tiba-tiba saja jatuh dari langit. Dan jatuhnya tepat di samping BACA LEBIH LANJUT.......

TANAM WAYANG BIYUNG BIBI…. Cara Gora Swara Nusantara… Bangkitkan Tradisi Dan Kearifan Lokal

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Klaten- Ratusan orang dari 30 kelompok dan komunitas budaya, secara kompak menyatu di lereng BACA LEBIH LANJUT.......

LEGENDA DESA DLIMAS KLATEN… Dari Arca Keramat Tanjungsari

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Klaten- Jika anda ingin menyaksikan kesenian tradisional secara komplit, disinilah tempatnya. Tepatnya di Desa BACA LEBIH LANJUT.......

MENENGOK PENGRAJIN PAYUNG HIAS… Dari Juwiring Klaten

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Klaten- Kecamatan Juwiring, Klaten, Jateng, sangat terkenal akan sentra industri atau kerajinan payung. Beragam BACA LEBIH LANJUT.......

KERIS SABUK INTEN… Masih Jadi Perburuan Kolektor…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Klaten: Bermula dari mimpi didatangi seekor ular, ternyata berbuah kejutan dalam kenyataan. Itulah yang BACA LEBIH LANJUT.......

Ayo Pilah Sampah Sekarang Juga…. Mindset Dari Biennale Bank Sampah Klaten…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Klaten: Masalah sampah ternyata bisa diangkat dalam balutan seni kontemporer. Paling tidak, kampanye ini BACA LEBIH LANJUT.......

About admin 335 Articles
Mapag Pedhut

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*