INILAH DAFTAR ORMAS TERLARANG: 7 Ormas Yang Dianggap Membahayakan Keutuhan NKRI Sudah Resmi Dibubarkan… Termasuk FPI Yang Paling Akhir…

Aaparat Keamanan Di Solo Menjaga Suasana Perayaan Natal Dan Tahun Baru di Gading Solo (23 Des 2020)
Aaparat Keamanan Di Solo Menjaga Suasana Perayaan Natal Dan Tahun Baru di Gading Solo (23 Des 2020)

MAJALAHKISAHNYATA.COM, NET– Ternyata tak hanya FPI saja yang sudah dibubarkan oleh pemerintah RI. Ada sekitar lima ormas lain, yang sebelumnya juga lebih dulu dibubarkan, atau dilarang oleh negara. Apa saja ormas-ormas yang dinyatakan terlarang itu? Lalu apa alasan pemerintah melarang dan membubarkan semua kegiatannya?

Melalui pertimbangan yang matang, dan tentu juga pemikiran yang sangat mengedepankan nasib bangsa, akhirnya pemerintah secara resmi membubarkan, dan melarang kegiatan ormas Front Pembela Islam (FPI).

Melalui Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam),yaitu Mahfud Md, pemerintah telah resmi melarang kegiatan yang mengatasnamakan organisasi masyarakat (ormas) Front Pembela Islam atau FPI. Pengumuman tersebut disampaikan Mahfud Md, di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, pada Rabu silam (30/12/2020).

“Kepada aparat pemerintah pusat dan daerah, kalau ada organisasi yang mengatasnamakan FPI itu harus ditolak. Karena legal standing-nya tidak ada, terhitung hari ini,” kata Mahfud.

Sebelumnya, tak hanya FPI, ada sejumlah ormas lain yang juga sudah dibubarkan oleh pemerintah. Pada sekitar 2014 lalu, Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) yang didirikan oleh Abu Bakar Ba’asyir juga dibubarkan oleh pemerintah.

Pada 2017 silam, ada Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Kala itu, Pemerintah memastikan kegiatan yang dilaksanakan ormas HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Sehingga ini bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

Aktivitas HTI dikatakan pemerintah, nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat. Dan dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

“Melihat berbagai pertimbangan serta menyerap aspirasi masyarakat, pemerintah perlu mengambil langkah–langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI,” ujar Menko Polhukam Wiranto kala pada 8 Mei 2017 silam.

Berikut deretan ormas yang dibubarkan oleh pemerintah selain FPI. Karena dianggap tak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

  1. Jamaah Islamiyah

JI (Jamaah Islamiyah) telah dibubarkan oleh pemerintah pada 2007 silam, melalui keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Meskipun begitu, nyatanya JI hingga kini diduga masih ada, dan terus menggalang kekuatan di bawah tanah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, para terduga teroris yang ditangkap masing-masing berinisial PW, MY, BS, A, dan BT. PW sendiri merupakan pimpinan kelompok tersebut.

“Yang ditangkap ini (PW) dulunya pada tahun 2002, di JI ini dia sebagai (penanggung jawab) di bidang intelijen. Setelah dinyatakan bubar, dia dibaiat sebagai amir JI yang ada di Indonesia,” ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Juli 2019 silam.

Kelima terduga teroris itu ditangkap di sejumlah lokasi berbeda. PW selaku pimpinan organisasi dan istrinya MY, diringkus Densus 88 di sebuah hotel di kawasan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat.

“PS juga ditangkap pada waktu dan tempat yang sama. Peran PS sebagai penghubung antara amir (PW) dengan orang yang berhasil direkrut,” jelasnya pad awak media.

Kemudian terduga teroris A dibekuk pada Minggu 30 Juni 2019 di Perumahan Griya Satria, Bekasi, Jawa Barat. Dia merupakan hasil rekrutan PW yang turut bertugas menggerakkan organisasi JI di Indonesia.

23 Tahanan Terduga Teroris Jamaah Islamiyah Dipindahkan Dari Lampung ke Jakarta
  • Jamaah Ansharut Tauhid (JAT)

 Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) didirikan pada tanggal 27 Juli 2008 di Solo, Jawa Tengah oleh Abu Bakar Baasyir. Sejak awal berdiri, JAT telah menyatakan dukungannya terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (Islamic State of Iraq and Syria/ISIS).

JAT merupakan organisasi yang terpecah dari MMI. Dan terindikasikan sebagai organisasi teroris, lantaran melatarbelakangi Bom Bali di tahun 2002. JAT juga sempat memiliki banyak cabang di Indonesia. Termasuk di Aceh dan Sulawesi Tengah. Polisi melalui unit khusus anti teror Densus 88 bergerak pada tahun 2010.

Mereka kemudian merazia markas JAT di Jakarta. Lalu menangkap para pimpinan kelompok. Karena dituding membiayai pelatihan militer kelompok teroris, di Aceh, serta serangkaian aksi teror di Indonesia.

Pada tanggal 23 Februari 2014, Departemen Luar Negeri AS memasukkan Jamaah Anshorut Tauhid (JAT), yang didirikan oleh Abu Bakar Ba’asyir ke dalam daftar organisasi teroris asing (FTO).

Deklarasi Yang Dilakukan Pucuk Pimpinan JAT Abu Bakar Baasyir (ABB) Yang Mendukung ISIS Berbuntut Pada Perpecahan Anggotanya

NIKITA MIRZANI MAKIN HOT … Naik Motor Gede Copoti Baliho…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, INSTAGRAM- Siapa yang tak kenal artis Nikita Mirzani. Atau yang akrab dipanggil Nyai ini. BACA LEBIH LANJUT.......

Prihatin Nasib Cagar Budaya di Indonesia Forum Budaya Mataram Bakal Menggelar Diskusi Terbuka Untuk Umum…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Solo Raya- Beberapa kali Yayasan Forum Budaya Mataram (FBM) berhasil menorehkan sejarah. Yaitu dengan BACA LEBIH LANJUT.......

Puluhan Hadiah Anti Zonk… Manjakan Pelanggan Hyundai Solo Baru di Akhir Tahun…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, SOLOBARU- Sekitar 30 lebih hadiah cabutan sengaja digantung di pohon Terang Hyundai Solo Baru BACA LEBIH LANJUT.......

Jelang Akhir Tahun LSM LAPAAN RI Kembali Berbagi Kebahagiaan Merajut Kebhinekaan dan Peduli Sesama Anak Bangsa…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Solo-Raya- Ribuan paket santunan berupa sembako, snack, uang tunai, serta uang saku dibagikan kepada BACA LEBIH LANJUT.......

Begini Suasana SAKRAL di Desa Sidoharjo Saat Keris SAKTI SENGKELAT Bertukar Posisi Dengan Wayang Keramat KRESNA

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Klaten- Iringan gending mistis mengalun pelan, mengiringi sebuah upacara sakral. Yaitu serah terima suvenir BACA LEBIH LANJUT.......

Begini Aksi Tim PPM Unesa Saat Beri Pendampingan.. Penulisan Laporan Karya Tulis Ilmiah Guru Bahasa Jawa…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Surabaya- Penulisan karya ilmiah merupakan kegiatan yang sangat penting bagi seorang guru yang professional BACA LEBIH LANJUT.......

About admin 335 Articles
Mapag Pedhut

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*