TORPEDO KUDA… Ampuh Mengobati Berbagai Macam Penyakit

SATE KUDA-MENU MULTI KHASIAT
SATE KUDA-MENU MULTI KHASIAT

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Sukoharjo- Wilayah Jawa jarang ada peternakan kuda. Namun soal menu masakan yang berbahan daging kuda, semakin lama banyak ditemukan dimana-mana. Salah satunya di kota kabupaten Sukoharjo, Jateng. Tepatnya di  Desa Sidan, Klumprit, Mojolaban, Sukoharjo, Jateng. Bagaimana rasa dan khasiatnya? Benarkah sangat ampuh untuk penyembuhan berbagai macam penyakit?

Daging kuda memiliki banyak keunggulan, sehingga mampu menarik penggemar /pecinta kuliner secara rutin. Tak heran, bisnis kuliner atau bisnis daging kuda pun memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Bahkan omzet bisnis ini bisa mencapai Rp 800 ribu hingga Rp 1,6 juta per hari. Dan usaha daging kuda juga bisa dikembangkan menjadi usaha atau metode pengobatan alternatif.

 “Selain rasanya bisa membuat nyaman, dagingnya juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit,” kata Ibu Ispriyanti (43), perempuan yang membuka warung sate kuda saat ditemui majalahkisahnyata.com di Jl. Pemuda, Sidan, Mojolaban, Sukoharjo, Jateng.

mBAK iS-SETIA DENGAN USAHA SATE KUDA DAN KELAPA MUDA

Usaha warung makan yang dirintis bersama istrinya ini menyediakan beragam menu berbahan dasar daging kuda. Menu utamanya adalah sate kuda. Selain menu utama, ada menu lain seperti tongseng, thengkleng, torpedo, gule, ati, dan kikil. Dari sekian menunya, salah satu yang paling populer adalah menu utamanya yaitu sate kuda. Seperti yang biasa terjadi pada daging kuda, ada sedikit sensasi rasa sengir/kesemutan saat masuk ke lidah. Jadi rasa daging kuda sama sekali tidak mungkin untuk ditiru atau dipalsukan.

“Rasa dagingnya memang tidak bisa menipu lidah, meski diolah dengan berbagai macam masakan. Rasanya ada sedikit rasa sengir gimana gitu, ”jelas istri Misno Sawij ini.

Menurut perempuan yang akrab dengan mbak Is ini, sejak usahanya berdiri lima tahun lalu, banyak pelanggan yang sudah mencicipi khasiat daging kuda tersebut. Kebanyakan benar-benar dikonsumsi tidak hanya untuk menyembuhkan rasa lapar. Tetapi juga digunakan sebagai terapi kesehatan alternatif untuk mengobati berbagai penyakit. Seperti diabetes, asma, asam urat, stroke, dan lain sebagainya.

“Bahkan beberapa pelanggan kami yang berprofesi dokter, yang berasal dari Solo, juga sering datang ke sini,” lanjutnya.

HARI MINGGU TETAP BUKA UNTUK JARING PELANGGAN

Dari cerita pelanggan yang berprofesi sebagai dokter tersebut, daging kuda ternyata bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan dokter tersebut percaya bahwa daging kuda mengandung sangat sedikit kolesterol. Kolesterol selama ini sering menjadi penyebab berbagai penyakit ganas. Suatu ketika ada seorang pelanggan yang sama sekali tidak bisa berjalan. Namun setelah makan sate kuda berulang kali, anehnya dalam waktu kurang dari dua bulan dia sudah bisa berjalan normal kembali.

Pelanggan lainnya berasal dari luar Sukoharjo sendiri. Seperti dari Solo, Wonogiri, Karanganyar, dan Klaten. Kebanyakan pekerja kantoran. Sisanya anak muda, pelajar dan mahasiswa, yang sering berkunjung mengeksplorasi berbagai citarasa wisata kuliner yang unik. Lalu dari mana Mbak Is mendapatkan persediaan daging kuda?

“Setiap dua hari, suami saya mengambil daging dari kota Yogya,” kata Mbak Is.

Daerah Yogya dan sekitarnya terkenal dengan banyak tempat atau rumah jagal, terutama kudanya. Sedangkan kuda yang disembelih / dipotong sebagian besar berasal dari Sumbawa, Nusa Tenggara. Harga rata-rata per kilogramnya Rp 100 ribu, hampir sama dengan harga daging konsumsi lainnya seperti domba atau sapi. Namun mengingat kelangkaan daging kuda, dan mahalnya transportasi dari Sumbawa, maka harga jual satu porsi menu ini terlampau tinggi bagi masyarakat umum.

DAGING KUDA-MAKIN DICARI PELANGGANNYA

OJO SALAH TOMPO… Suara Hati SUSENO BERCERITA… SEMANGAT KOMUNITAS WEDANGAN… Oleh Rhima Martin

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Solo- Mungkin memang benar, hobi pasangan kita suka nongkrong. Atau bergaul dengan banyak orang BACA LEBIH LANJUT.......

BERMODAL MELEK MALAM…. Raup Omzet Jutaan Rupiah Dari Usaha Singkong…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Sukoharjo- Himbauan agar bekerja dari rumah saat wabah corona, ternyata menimbulkan efek positif. Semakin BACA LEBIH LANJUT.......

Jualan Nasi Tiwul….. Beromzet Rp 4 Juta Per Hari

MAJALAHKISAHNYATA.COM, Wonogiri: Siapa sangka, dari berjualan nasi tiwul sederhana, mampu meraup omzet jutaan rupiah tiap BACA LEBIH LANJUT.......

Begini Aksi & Misi Sosial Hyundai Solo Baru Bersama Gowes Gocapan Solo…Misi Nomer 1 Sangat Mengejutkan..Nomer 3 Lebih Mengejutkan Lagi…

MAJALAHKISAHNYATA.COM, SOLO- Untuk pertama kalinya, Hyundai Solo Baru mengadakan event yang mengandung misi sosial. Kali BACA LEBIH LANJUT.......

About admin 335 Articles
Mapag Pedhut

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*